Tuesday, February 16, 2010

Apa itu kopi Espresso

Tentunya anda rata rata pernah mendengar yang namanya ‘espresso’ dalam dunia kopi baik di mall, cafe ataupun kedai kopi. Tetapi banyak juga yang tidak tau apa itu sebenarnya espresso ini, kenapa dibeda-bedakan dengan kopi biasa. Berikut saya coba untuk menjelaskan secara garis besarnya mengenai kopi yang satu ini.

Espresso itu adalah kopi yang dibuat dengan cara yang berbeda. Cara mencampurkan jenis biji-biji kopinya, cara menyajinya, cara memanggang biji kopinya dan cara membuatnya sehingga menjadi sesuatu yang berbeda. Espresso biasanya disajikan di gelas atau cangkir yang kecil. Minuman ini dibuat ketika air panas dicampur dengan kopi yang sudah dijadikan bubuk yang halus dan padat dalam tekanan yang tinggi. Segala jenis biji kopi dapat dijadikan secangkir espresso. Biji kopi tersebut dipanggang sehingga menjadi agak gelap dan mengkilat dalam waktu yang ditentukan. Banyak orang salah mengeja nama kopi ini, nama yang sering disebut adalah ‘expresso’ padahal yang sebenarnya adalah ‘espresso’. Espresso pertama kali dibuat di Italy dan sekarang telah menjadi kopi yang banyak diminati di seluruh dunia. Kopi espresso terdapat banyak macam seperti cafe moka (mocha), cafe latte dan cappuccino (salah satu dari mereka atau semuanya mungkin anda juga sudah pernah mendengar).

Cara memanggang biji kopinya-pun berbeda sesuai dengan selera masing-masing. Biji kopi yang dipanggang lebih gelap disukai pada orang-orang bagian barat di Amerika sedangkan panggangan yang agak ringan lebih diminati pada penduduk pantai timur dan untuk orang Eropa sendiri lebih suka yang medium roast. Pada awal 1900-an, Luigi Bezzera menciptakan mesin espresso pertama. Jika Anda adalah pecinta espresso, anda bisa untuk membeli atau mendapatkan mesin espresso ini dan membuat minuman espresso sendiri di rumah.

0 comments:

Post a Comment