Sunday, June 6, 2010

Fakta Tentang Bugs Bunny & Mel Blanc

Bugs Bunny adalah karakter kartun animasi, dibuat pada tahun 1940 oleh Leon Schlesinger Productions (sekarang Warner Bros).

kisah cerita bugs bunny
Bugs Bunny, salah satu karakter kartun yang paling ikonik sepanjang masa, telah muncul sekitar selama tiga perempat abad. Warner Bros mulai menampilkan kelinci pintarnya yang pandai berbicara ini pada kartunnya di awal tahun 1930-an, namun tidak sampai 1940 bahwa salah satu karakter kartun yang paling terkenal ini mulai dikenal di layar.

Bugs Bunny merupakan karakter kartun ciptaan Ben Hardaway dan Cal Dalton yang akhirnya disempurnakan dan diresmikan pada tahun 1938 oleh Tex Avery.

Nama Bugs berasal dari animator-nya. Pada tahun 1938, Ben “Bugs” Hardaway telah mendesain ulang karakter kelinci baru. Seorang rekan kerja secara kasual menyebut gambar tersebut “Bug’s Bunny” (kelincinya Bugs) dan ditulis diatas ilustrasinya. Semenjak itu sebutannya selalu dipakai untuk menamakan karakter kelinci tersebut.

Mel Blanc (pengisi suara Bugs Bunny, 1938 – 1989) benar-benar memakan wortel saat menyuarai karakter ikonik tersebut.

Awalnya, direktur Bugs I. Freling memutuskan suara kelinci akan sama dengan Daffy, karena bebek tersebut sudah sukses terkenal. Waktu itu Mel Blanc juga pengisi suara Daffy Duck, serta kebanyakan karakter favorit Looney Tunes lainnya seperti Tweety Bird, Speedy Gonzales, dan Marvin the Martian.

Bugs Bunny, bersama dengan Mickey Mouse merupakan dua hewan kartun pertama yang memperoleh bintang di Hollywood Walk of Fame.

bintang popularitas bugs bunny


Blanc pernah mengalami koma akibat kecelakaan mobil dan menjadi tidak responsif, sampai 2 minggu kemudian dokter mencoba memanggilnya "Bugs! Bugs Bunny! Bagaimana kabarmu hari ini ?, yang kemudian ia pun meresponnya dengan “Eeee, what’s up, Doc?”. Dokternya pun bertanya kepada Blanc apakah Porky ada di sana, Daffy, Tweety, Sylvester dan lainnya dan ia pun menjawab dalam suara karakter sebelum akhirnya bangun dengan sadar.

Selain Bugs Bunny, Blanc juga menyuarai karakter Daffy Duck, Porky Pig, Tweety Bird, Sylvester the Cat, Yosemite Sam, Pepé Le Pew, Speedy Gonzales, Foghorn Leghorn, Marvin the Martian, Wile E. Coyote, the Tasmanian Devil, Road Runner, dan banyak karakter lainnya dari Looney Tunes dan Merrie Melodies kartun teater selama zaman keemasan animasi Amerika. Dia, pada kenyataannya, juga pengisi suara pada semua karakter utama kartun Warner Bros. kecuali Elmer Fudd.

pengisi suara daffy duck tweety


Dia kemudian bekerja untuk kartun televisi milik Hanna-Barbera, terutama sebagai suara dari Barney Rubble pada The Flintstones dan Mr Spacely di The Jetsons. Blanc juga suara asli dari Woody Woodpecker untuk Universal Pictures, dan memberikan efek vokal untuk "Tom dan Jerry" kartun yang disutradarai oleh Chuck Jones untuk MGM.

Setelah mendapat julukan "The Man of a Thousand Voices" (orang dengan seribu suara), Blanc dianggap sebagai salah satu orang paling berpengaruh di industri voice-acting.

pengisi suara karakter bugs bunny


Anak Blanc, Steve, yang juga dapat melakukan beberapa suara karakter Looney Tunes, mengejutkan komunitas animasi di tahun 2007 dengan mengungkapkan bahwa Bugs Bunny memiliki cinta yang panjang dan tak berbalas dengan musuh besarnya Elmer Fudd. Menurut dia, mereka di komunitas gay yang tertutup jelas tahu bahwa kalimat Bugs Bunny "What's up Doc?" merupakan password  untuk mengakses ke Hammer Klub terkenal di Sunset Strip.

ucapan kata kelinci bugs bunny kartun


Karakter ini ada dalam berbagai versi, ada versi animasi maupun komiknya dan salah satu yang paling terkenal adalah serial Looney Tunes. Bugs Bunny ini disana digambarkan sebagai kelinci berkepribadian unik, licik dan ceroboh.

Bugs Bunny merupakan karakter kartun pertama yang muncul di prangko. Perangko tersebut masuk dalam daftar nomor 7 sebagai perangko Amerika yang paling banyak dikoleksi.

prangko perangko bugs bunny


Sikap Bugs Bunny sebagian terinspirasi oleh Clark Gable. Kelakuannya yang acuh tak acuh sambil mengunyah wortel terinspirasi oleh adegan dalam It Happened One Night, ketika Clark Gable yang berbicara-cepat sambil mengunyah wartel ketika bersandar di pagar. Selain itu, karakter ini juga mengambil inspirasi dari Groucho Marx.

Bugs Bunny sering terlibat dalam pertengkaran dengan karakter lainnya dan hampir selalu menang. Penciptanya khawatir Bugs Bunny akan dinilai sebagai 'preman', untuk mengatasi hal ini direktur Chuck Jones membuat kelinci agresif tersebut sering terprovokasi atau tertipu dalam ceritanya. Dalam sebuah wawancara tahun 1998, "Kami tidak ingin itu. Kami ingin dia menjadi karakter baik. ".

Bugs Bunny terlihat sebagai salah satu penduduk di Toontown dalam film Who Framed Roger Rabbit. Karena Roger Rabbit diproduksi oleh Disney, maka Warner Bros hanya akan mengizinkan Bugs muncul jika dia dijamin akan diberikan durasi layar yang sama seperti Mickey Mouse Disney. Itu sebabnya Bugs Bunny hanya muncul dalam film di frame yang sama seperti Mickey Mouse, dan sebaliknya.

Charlie Chaplin terinspirasi oleh kepribadian Bugs Bunny.

Pada Januari 2013, ia telah muncul di lebih banyak film daripada karakter kartun lainnya. Lebih dari 175 film, tepatnya.

Pose nya Bugs Bunny yang khas dimana ia sambil mengunyah wortel tersebut seringkali diikuti dengan ucapannya yang juga terkenal dan seringkali diikuti oleh para penggemarnya, yaitu "Eh, What's up, Doc?". Dan kata-kata atau kalimat itu termasuk dalam daftar 10 ucapan karakter kartun TV paling terkenal.

0 comments:

Post a Comment