Friday, July 2, 2010

Perbedaan Ukuran Pakaian Anak Asia dan Barat

Membeli pakaian baru untuk sang buah hati merupakan salah satu hal yang paling menyenangkan, apalagi kalau si kecil lagi lucu-lucu nya. Tentu saja semua dari kita menginginkan anak kita bisa tampil se-lucu, se-imut, dan sekeren yang kita mau, tetapi jangan lupa juga bahwa hal yang lebih penting adalah pakaian tersebut harus nyaman dan pas di tubuh mereka. Karena menurutku kenyamanan sebuah pakaian untuk anak jauh lebih penting daripada hanya sekedar tampil keren.

Menemukan ukuran yang pas dan cocok tidak selalu semudah yang kita kira, ini dikarenakan anak-anak yang seumuran bisa tumbuh dengan ukuran tubuh yang berbeda-beda. Tentu saja, cara yang terbaik ketika membeli pakaian anak baru adalah mencobanya terlebih dahulu di tempat sebelum membelinya pulang, tetapi hal ini tidaklah mungkin jika kita hendak membelinya via internet atau online. Dengan demikian, kita perlu memahami beberapa rumus perbedaan tiap ukuran pada pakaian anak kecil. Standar ukuran baju anak di negara-negara tertentu seperti Amerika berbeda dengan yang ada di Korea, dsb.

Ukuran Pakaian Bayi di Korea

Di Korea, standar ukuran pakaian anak bayi dimulai dengan ukuran 50 yang dibuat untuk anak bayi umur 0 – 3 bulan. Tiap ukuran beda 10, ini berarti ukuran selanjutnya adalah 60 yang digunakan untuk bayi umur 3 – 6 bulan. Ukuran 70 untuk anak bayi usia 6 – 9 bulan, ukuran 80 untuk umur 9 – 12 bulan, ukuran 90 untuk usia 12 – 18 bulan, sedangkan yang ukuran 100 untuk 18 – 24 bulan.

Ukuran Pakaian Bayi di Amerika

cara tau size baju anak bayi
Ukuran pakaian bayi di Amerika pada umumnya berhubungan dengan usia anak bukan ukuran. Disana, ukurannya dimulai dengan tanda “NB (Newborn)” yang artinya bayi yang baru lahir, kemudian meningkat per bulan. Ukuran pakaian mereka biasanya tertera seperti ini: “0-3 months”, “3-6 months”, “6-9 months (artinya: 6-9 bulan)”, “9-12 months”, “12-18 months”, dan “18-24 months” (kadang juga hanya seperti ini: 18-24 M).

Selain itu, kadang Anda juga akan melihat ukuran dengan format seperti ini: XS, S, M, L dan XL. Untuk mengetahui untuk usia berapa tiap masing-masing ukuran tersebut anda perlu tau anda sedang berada di area departmen mana. Jika anda berada di area “Babies” atau Bayi (yang biasanya ukuran bajunya dari anak baru lahir sampai 24 bulan) berarti ukuran XS disana adalah yang untuk bayi yang baru lahir, sedangkan ukuran XL dibuat untuk anak bayi usia 24 bulan.

Ukuran baju bayi 0-3 bulan juga bisa dilabelkan sebagai “NB” atau “Newborn”. Jadi pastikan anda sedang berada di departmen yang benar, sesuai dengan yang anda cari. Biasanya terdapat tulisan-tulisan di papan seperti “Children” (anak-anak), “Babies”, “Toddlers” (untuk balita), dan “Teens” (Remaja).

perbedaan size baju anak kecil
Ukuran Pakaian Balita di Korea

Ukuran baju balita di Korea juga sama seperti yang untuk bayi disana, selalu selisih 10 antar tiap ukuran yang lebih besar maupun yang lebih kecil. Anak-anak umur 2-3 tahun biasanya memakai yang ukuran 100; anak usia 3-4 tahun memakai ukuran 110; anak usia 4-5 taun ukuran 120, anak usia 5-6 thn ukuran 130, anak 6-7 tahun menggunakan ukuran 140, sedangkan ukuran 150 untuk 7-8 tahun dan ukuran 160 utk 8-10 tahun.

Ukuran Pakaian Balita di Amerika

cara menentukan ukuran baju anak
Setelah umur anak mencapai usia balita, ukurannya berubah menjadi format “T” (Toddler). Ukuran 2T digunakan untuk anak usia 2-3 tahun, ukuran 3T digunakan untuk anak usia 3-4 tahun, ukuran 4T dipakai untuk anak umur 4-5 tahun, 5T untuk anak umur 5-6 tahun, 6T untuk anak 6-7 tahun, 7T untuk anak 7-8 tahun, dan ukuran 8T untuk anak usia 8-10 tahun.

Grafik detail ukuran tinggi dan berat badan sang anak juga banyak disediakan oleh beberapa produsen pakaian. Seperti pada umumnya, size 2T biasanya cocok untuk balita dengan tinggi antara 83.82 - 88.9cm dan berat badan 26-29 pon; 3T cocok digunakan oleh balita dengan tinggi 88.9 - 93.98cm dan berat badan 30 - 34 pon; 4T untuk balita yang tinggi antara 93.98-101.6cm dan berat badan 34-38 pound.

ukuran pakaian anak kecil
Ukuran Pakaian Anak di Eropa

Di Eropa, ukuran pakaian anak disana seringkali didasarkan oleh tingginya anak dibandingkan dengan usianya mereka. Pengukuran diambil dari atas kepala mereka sampai ke bawah tumit kaki anak-anak untuk menentukan ukuran pakaian.

Catatan: Size chart atau Grafik detail ukuran anak memberikan pedoman umum kepada kita agar lebih mudah menentukan ukuran mana yang lebih sesuai dengan anak kita, tetapi perlu diingat juga bahwa tiap ukuran dari tiap produsen dan desainer bisa berbeda-beda, bahkan tidak semua pakaian dari pabrik yang sama juga memiliki pengukuran yang sama.

1 comments:

Dwi Sulistiyani said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment