Wednesday, July 14, 2010

Cara Mencuci Kain Bahan Linen - Fakta Tentang Linen

kelebihan kekurangan kain linen
Kain linen terbuat dari serat selulosa yang tumbuh di dalam batang tanaman flax.

Linen dua atau tiga kali lebih kuat daripada kapas.

Walaupun fiber dengan kualitas yg bagus saja yg digunakan oleh industri Linen, tidak ada bagian dari tanaman rami ini yang terbuang. Bagian sisanya seperti biji rami, minyak, straw dan seratnya bisa digunakan juga untuk segala hal dari lino dan sabun, sampai ke cattlefeed dan kertas.

Produksi kain linen menggunakan energi dan air lima sampai dua puluh kali lebih sedikit dari produksi kapas atau kain sintetis lainnya. Kain linen juga tergolong biodegradable dan dapat didaur ulang.

Karena pada suatu-waktu kata 'linen' sering dihubungkan dengan 'kain yang berkualitas' kata linen menjadi istilah umum untuk seprai dan sarung bantal, meskipun sebenarnya mereka sering terbuat dari katun atau serat sintetis lainnya.

 Karakteristik yang paling sering dikaitkan dengan benang linen adalah adanya "slubs", atau knot kecil yang muncul secara acak sepanjang panjangnya. Namun, ini sebenarnya disebabkan oleh kecacatan yg terkait dengan kualitas yg rendah. Linen kualitas baik memiliki diameter yg konsisten tanpa adanya slubs.

Menurut penelitian medis yang dilakukan di Jepang, pasien yg terbaring di tempat tidur dengan sprei linen tidak mengembangkan bed sores. Mengenakan pakaian linen membantu untuk menyingkirkan beberapa penyakit kulit - seperti common rash dan eczemas kronis.

Taukah anda jika uang dolar Amerika yg anda simpan sebenarnya bukan terbuat dari kertas tetapi dari linen dan katun. Ini mengapa alasannya uang dolar amerika tidak hancur walaupun basah.

terbuat dari apakah uang kertas dolar amerika

Silika yg ditemukan pada serat rami linen melindungi linen terhadap pembusukan - mumi Firaun Mesir yg diawetkan sampai hari ini dibungkus dalam kain linen kualitas terbaik.

Kelemahan linen adalah kain berbahan ini mudah lecek apalagi jika sering dilekuk atau diipat di bagian yang sama. Maka dari itu pakaian berbahan linen lebih baik digantung di lemari daripada dilipat. Kekurangan lainnya adalah beberapa bagian tertentu dari pakaian linen bisa terkuras karena sering terkena friction, salah satunya bagian kerah.

fakta tentang bahan serat linen
Kegunaan linen di berbagai produk


Cara Mencuci Linen

cara mencuci baju bahan linen
Linen dapat dicuci pada 95 deg C dan jika disetrika sebaiknya pada saat pakaian tersebut sedikit damp atau basah. Anda dapat menggunakan uap panas (steam cleaning) ketika menyetrika kain tersebut.

Ketika dicuci pertama kali, linen akan menyusut, ini adalah umum seperti serat alami lainnya.

Jika kain linen anda merupakan kain berwarna, maka seharusnya anda tidak mencucinya di air yg panas untuk mencegah kelunturan. Gunakan air hangat untuk mencuci.

Jika mencuci dengan tangan, usahakan melakukannya dengan lembut dan jangan disikat, diperas, maupun dibentur agar seratnya yg fragile tidak rusak.

Bila menggunakan pengering Anda juga perlu melakukannya dengan sangat hati-hati karena linen memiliki kecenderungan untuk menyusut.

Untuk menghindari hal hal yang tak diinginkan, anda sebaiknya mengikuti instruksi cara mencuci item yang anda beli tersebut yg tercantum pada label pakaian linen Anda.

cara menghilangkan noda pakaian
Noda

Kebanyakan noda dapat dihapus dari bahkan kain yang paling halus seperti sutra dan linen. Menghapus noda dapat dilakukan jika kita sabar dan dapat menentukan jenis noda. Pertama, Anda perlu bertindak sangat cepat untuk mencegah noda terserap ke dalam inti serat linen.

Gunakan kain bersih putih yang tak berbulu untuk menyingkirkan noda yang berlebihan pada kain. Gosok secara lembut dengan air hangat.

Jika cara tersebut tidak berhasil, anda bisa rendam kain tersebut ke dalam ember air sabun hangat selama semalam. Menggosok kain tersebut dengan cuka putih juga merupakan cara yang efektif, atau menyiram noda di kain tersebut dengan talcum powder dan biarkan selama semalam.

Setelah itu anda dapat menggantung kainnya hingga kering tetapi jangan menggunakan dryer.

1 comments:

Dwi Sulistiyani said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment