Friday, July 2, 2010

Cara Mengetahui Ukuran & Membeli Pakaian Online Yang Pas

cara membeli pakaian online
Salah satu hal yang paling dikhawatirkan saat belanja online adalah ketika size ukuran baju atau pakaian yang kita beli tidak bisa dipakai karena kekecilan, maupun kebesaran. Namun hal ini sering terjadi karena banyak pembeli sering mengira bahwa size ukuran yang sedang mereka kenakan itu sama besar/kecilnya dengan semua pakaian dengan label size yang sama. Perlu diketahui bahwa size XL dari suatu pabrik bisa merupakan size M pada baju dari pabrik lain dengan besarnya ukuran baju yang hampir sama. Baju dengan label size 12 di suatu perusahaan bisa merupakan size 10 dari perusahaan yang berbeda dengan ukuran besarnya baju yang sama.

Oleh karena itu, cara terbaik untuk menghindari salah-beli ukuran dari situs belanja online yaitu dengan mengetahui ukuran tubuh kita masing masing. Walaupun ukuran cutting tiap toko berbeda beda, namun jika kita telah mengetahui ukuran tubuh kita maka kita tidak perlu terlalu khawatir untuk membeli pakaian via online dengan ukuran yang pas. Kita bisa memulainya dengan mengukur lingkar dada, pinggul, pinggang, dll.

  • Untuk mengukur lingkar dada (bust): Ambil pita pengukur dan lingkarkan pada daerah dada di bagian diameter terluas (biasanya di sekitar puting). Kedua tangan harus berada disamping, dan bernafaslah secara normal.
cara mengukur lingkar dada bust

  • Untuk mengukur pinggul (hips): Pengukuran pinggul diukur pada bagian pinggul yang terlebar (biasanya di daerah sekitar antara kemaluan dan perut, sejajar dengan bagian bokong paling menonjol).
cara mengukur lingkar pinggul

  • Untuk mengukur pinggang (waist): Gunakan jari anda untuk menyentuh bagian atas pinggul dan tulang rusuk bagian bawah – daerah empuk di antara dua bagian bertulang ini merupakan pinggang. Sebelum mengukur pinggang, ada baiknya menaikkan baju/kain yang sedang memblokir daerah pinggang demi pengukuran yang lebih tepat. Pinggang atau waist juga didefinisikan sebagai bagian terkecil pada batang tubuh anda.
cara mengukur lingkar pinggang

  • Untuk mengukur inseam (panjang kaki dalam): Inseam, atau panjang inseam adalah panjang dari selangkangan sampai bawah kaki. Cara mengukur panjang inseam Anda bisa mengambil celana panjang Anda dengan ukuran yang pas (tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek), kemudian letakkan celana tersebut di lantai dengan posisi flat, dan ukur panjang dari selangkangan hingga ke bawah ujung celana dengan menggunakan pita pengukur – itu adalah panjang inseam Anda.
cara mengukur inseam celana panjang

  • Cara mengukur rise: Panjang rise diukur dari bawah selangkangan celana hingga ke atas celana. Pengukuran ini amatlah penting karena menentukan akan dimananya posisi atas celana atau tali pinggang pada tubuh si pemakai nanti. Front rise adalah panjang rise bagian depan celana sedangkan back rise merupakan panjang rise di bagian belakang. 
cara mengukur rise celana panjang


Jika terdapat informasi tentang ukuran atau size chart pada online store, gunakan. Banyak yang menghiraukan informasi tersebut sehingga akhirnya menerima ukuran baju yang tidak pas. Informasi ukuran atau size chart ini sangatlah penting untuk membantu Anda membeli pakaian yang tidak bisa Anda coba.

1 comments:

Dwi Sulistiyani said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment