Monday, July 5, 2010

Cara Cuci & Merawat Berbagai Jenis Bahan Pakaian

Selalu cek label perawatan pakaian anda dan baca petunjuknya demi terhindarnya hal-hal yang tidak diinginkan. Label perawatan biasanya terdapat di setiap pakaian yang anda beli.

Cara Mencuci Baby Terry.

Baby terry merupakan bahan favorit untuk dijadikan mantel mandi, bathrobe, handuk dikarenakan terdapat loop-loop yang dapat menyerap air, namun untuk mencucinya terutama jika pakaian tersebut pertama kali dicuci maka anda akan melihat banyak residu serat yang tertinggal yg berasal dari velour luar tempat di mana bulu loop ini dicukur demi menghasilkan permukaan berbulu yang lembut seperti halnya kain beludru. Namun hal ini akan terjadi hanya pada pencucian pertama.

Oleh karena itu sebaiknya mencuci pakaian berbahan baby terry secara terpisah agar seratnya tidak mencemari pakaian lain dan sebaliknya. Selain itu, jika dicuci bersama pakaian lain yang terdapat ritsleting maka ada kemungkinan ritsleting tersebut bisa merobek loop-loop pada kain terry.

Pemutih tidak diperlukan untuk baby terry dan gunakan deterjen ringan.

Cara Mencuci Brokat.

Tergantung jenis serat apa yang digunakan, beberapa pakaian brokat harus hanya di dry clean sementara lainnya bisa dicuci dengan tangan. Pakaian brokat seringkali menyusut di saat basah dikarenakan metode tenun yang rumit dalam pembentukan brokat. Metode pembersihan yang selalu disarankan adalah dry clean terutama untuk pakaian brokat yang mahal.

Jika hand washing (mencuci dengan tangan) diperbolehkan menurut label perawatan yang ada di pakaian, jangan menggosok, meremas, memeras, atau mengucek brokat dengan kuat. Gunakan air dingin atau hangat dan deterjen ringan.

Untuk mencegah sangkutan, penarikan, atau benturan yang bisa terjadi apabila brokat dimasukkan ke pengering atau tumble dryer, maka keringkan pakaian brokat secara alami dengan cara menidurkannya di atas permukaan datar lalu biarkan untuk mengering dengan sendirinya (dry flat).

Untuk menyetrika, selalu setrika di bagian sisi belakang kain brokat. Gunakan kain press atau handuk katun tenun putih di antara kain brokat dan seterika.

Cara Mencuci Denim/ Jeans.

Banyak yang memilih untuk menggunakan mesin cuci untuk bahan yang berat satu ini. Namun sebelum memasukkan jins anda ke mesin cuci, balikkan jins anda dari sisi luar ke dalam sehingga bagian paling kotor dari jins (bagian dalam) lebih terekspos ke paparan air dan deterjen. Dengan cara ini pun warna luar jins lebih awet. Untuk warna jeans yang lebih gelap, anda bisa gunakan deterjen khusus untuk pakaian berwarna gelap agar membantu melestarikan warnanya.

Cuci jeans dengan air hangat dan siklus paling lembut (biasanya dinamakan handwash, delicate atau gentle). Jeans tidak perlu terlalu sering dicuci. Meskipun hand wash merupakan pilihan terbaik untuk mencuci denim namun cara tersebut dianggap sangat menguras tenaga dan menyita banyak waktu. Untuk mengeringkan, jeans atau pakaian denim lainnya bisa dijemur.

Cara Mencuci Sutra.

Salah satu kepercayaan yang dimiliki banyak orang adalah pakaian murni sutra hanya boleh di dry clean, hal ini tidaklah benar karena dry cleaning bukan satu-satunya metode untuk membersihkan pakaian sutra.

Beberapa busana berbahan sutra dapat juga dicuci dengan menggunakan tangan kecuali apabila terdapat tulisan “dry clean only” tertera di label perawatan pakaian sutra tersebut maka anda hanya boleh dry clean saja. Namun jika tulisannya hanya “dry clean” maka itu artinya cara yang disarankan si manufaktur adalah dry clean tetapi bisa juga dengan alternatif lain. Biasanya pembersihan alternatif yang dapat diterima adalah hand washing alias mencuci dengan tangan.

Ada baiknya mengecek apakah sutra mahal anda warnanya bisa luntur atau tidak sebelum mencucinya. Untuk mengetahuinya, anda bisa menggunakan kapas putih basah yang terkena deterjen dan mengolesnya di bagian yang tersembunyi. Jika warna pakaian sutra itu mencemari kapas putih tersebut maka jangan mencuci sutra anda dengan tangan ataupun mesin cuci tapi bawa ke dry cleaner profesional.

Cuci kain sutra dengan air dingin serta deterjen ringan atau deterjen khusus untuk kain sutra. Jangan menggunakan mesin pengering atau tumble dryer dan jangan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung, kedua hal tersebut dapat merusak serat sutra. Jangan pernah menggunakan pemutih klorin untuk mencuci sutra, fibernya juga bisa rusak. Jika menurut label perawatan bahwa pakaian sutra anda boleh di seterika maka gunakan settingan yang rendah (low heat). Setrika garmen sutra anda di saat kain tersebut masih lembab.

Cara Mencuci Taffeta

 Taffeta yang terbuat dari sutra perlu dibawa ke dry cleaner profesional sedangkan gaun taffeta yang terbuat dari nilon, poliester dan asetat biasanya dapat dicuci sendiri di rumah.

Isi ember besar atau wastafel dengan air bersuhu biasa. Gunakan shampoo ringan, seperti shampoo bayi atau sabun cair tangan lalu teteskan beberapa drop ke air di ember tersebut. Pemutih sangat tidak disarankan karena dapat menghilangkan warna asli dari pakaian anda.

Rendam gaun taffeta anda ke dalam air dan mulai mengaduk secara perlahan sekitar 5-10 menit. Jangan kuat-kuat memeras atau mengucek pakaian tersebut. Buang air kotor hasil dari pencucian pakaian dan bilas dengan air dingin atau hangat. Ulangi proses pembilasan sampai bersih dan tidak tersisa residu sabun pada pakaian.

Peras dengan hati-hati garmen anda dan gulung dengan handuk kering untuk menyerap sisa air yang terdapat di gaun sebelum menjemurnya. Hindari sinar matahari langsung karena dapat merusak serat taffeta.

Cara Mencuci Wol

Wol merupakan salah satu bahan yang dapat dicuci baik dengan tangan maupun mesin. Jika menggunakan tangan (hand-washing) caranya tidak sulit dan tidak terlalu berbeda dengan cara membersihkan pakaian berbahan lain.

Isi ember buat cuci baju dengan air hangat kemudian tuang deterjen cair dan aduk sampai merata. Rendam garmen wol anda ke dalam air tersebut dan aduk secara lembut selama sekitar 5-10 menit supaya cairan deterjen dapat menembus setiap area serat untuk membersihkan bakteri dan kotoran. Setelah selesai keluarkan wol dari ember dan bilas sampai bersih.

Peras wol tersebut agar sebagian besar sisa air yang terkandung di dalamnya dapat dikeluarkan, gulung wol bersama handuk bersih yang kering kemudian press atau tekan untuk menyerap sisa air lebih lanjut. Jemur pakaian wol anda di luar.

Cara Mencuci Korduroi

Kebanyakan busana berbahan korduroi dapat dicuci sendiri dengan tangan maupun mesin cuci. Namun beberapa produk tertentu seperti jaket dan jas yang terbuat dari korduroi kadang harus di dry clean karena struktur pakaiannya.

Satu hal penting yang perlu diketahui bahwa bulu-bulu lain suka nyangkut atau menempel di kain korduroi sehingga sebaiknya jangan mencuci korduroi bersama pakaian berbahan lain yang memiliki banyak bulu seperti kain terry (handuk), fleece atau felt. Bagian kain yang berbulu pada korduroi terbuat dari loop-loop (fiber-fiber yang keluar dari permukaan), dan sekelompok serat ini dapat berfungsi seperti magnet menarik serat atau partikel lain sehingga anda perlu mencabutnya satu persatu untuk membersihkannya.

Untuk korduroi berwarna putih atau pastel gunakan air hangat sedangkan korduroi gelap sebaiknya menggunakan air dingin. Apabila bulu-bulu pada korduroi menjadi gepeng atau rata anda bisa kembali meluruskannya dengan menyikat menggunakan sikat khusus. Korduroi bisa dikeringkan menggunakan mesin pengering pada settingan low heat (tingkat panas yang rendah) atau menjemurnya saja sampai kering.

Korduroi seringkali tidak memerlukan penyetrikaan namun jika anda mau, setrikalah di sisi belakang kain dengan pengaturan suhu panas menengah-tinggi tapi pastikan agar setrika tidak menempel di satu area kain terlalu lama karena seratnya bisa hancur.

Cara Mencuci Beludru

Balikkan sisi dalam pakaian anda ke luar sebelum mencuci velvet. Gunakan deterjen khusus untuk kain halus atau kain beludru, jangan menggunakan air panas. Celupkan pakaian beludru anda ke dalam baskom berisi air dingin/hangat dengan sejumlah kecil deterjen. Aduk dan ayunkan beludru tersebut pelan pelan selama 5-10 menit.

Setelah selesai mencuci, kosongkan baskom dan isi kembali dengan air dingin untuk membilasnya. Jika anda menggunakan mesin cuci, pastikan settingnya ke siklus "gentle" atau "hand wash" agar memastikan mesin anda tidak merusak pakaian tersebut.

Cara Mencuci Organza

Cara membersihkan pakaian berbahan organza-sutra biasanya harus secara manual dengan tangan atau di dry clean. Organza sintetis yang dibuat dari asetat, nilon, viscose atau poliester bisa dicuci maupun dikeringkan oleh mesin cuci.

Isi wastafel/ember/baskom dengan air hangat yang dicampur bubuk cuci atau deterjen. Rendam organza ke dalam air tersebut dan aduk serta ayunkan pakaian anda sekitar 5-10 menit. Jika sudah selesai buang air bersabun tersebut dan isi kembali dengan air dingin untuk membilas pakaian organza anda tapi kali ini ganti bubuk cuci/deterjen dengan cuka putih seperempat cangkir. Cuka putih dapat berfungsi untuk membantu organza menjaga kilauannya serta menetralkan sisa sabun yang tertinggal.

Jemur organza anda. Bagi yang menggunakan mesin cuci, settingnya diatur ke siklus lembut atau hangat. Jika menggunakan mesin pengering, jangan lupa memakai settingan low heat untuk mencegah panas berlebihan terhadap organza anda.

0 comments:

Post a Comment