Wednesday, July 7, 2010

Ciri-Ciri Kain Polyester - Kelebihan dan Kekurangan Polyester

bahan kain baju polyester
Polyester adalah fiber (serat) sintesis yang zat komponennya juga banyak ditemukan pada minyak bumi. Bahan baju sintesis ini dibuat dari PET (polyethylene terephthalate) – bahan yang sama yang ditemukan pada botol minuman plastik. Maka dari itu banyak botol minuman plastik yang di recycle dengan cara memanaskannya kembali sehingga fiber atau serat poliester ini bisa diperoleh.

proses pembuatan serat polyester
Pernah diciptakan pada awal 1940an di Inggris dan akhirnya menjadi popular di tahun 1950an sebagai bahan tekstil karena perawatannya yang mudah. Polyester juga dikenal sebagai bahan tekstil yang serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan  seperti pakaian, perabot rumah tangga, peralatan komputer, tape rekaman, isolasi listrik dan masih banyak lagi.

Kain yang terbuat dari serat poliester ini dikenal tahan lama, tidak mudah kusut, dan lebih cepat kering saat dijemur. Kelebihan lainnya adalah poliester lebih tahan terhadap berbagai bakteri, tahan air (water-resistant) dan juga tidak mudah susut ataupun melar. Namun seperti jenis serat lainnya yang memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai bahan tekstil, polyester juga memiliki kelemahan yaitu tidak bisa menyerap keringat sehingga terasa panas saat digunakan di cuaca yang panas.

Bahan ini lebih cocok dipakai di ruangan ber-AC atau di daerah yang dingin. Walaupun serat poliester itu halus dan licin namun serat ini juga dapat mengakibatkan iritasi kulit bagi sebagian pemakai. Bahan poliester juga mudah terbakar, sama seperti kebanyakan bahan kain sintesis lainnya karena bahan bahan tersebut terbuat dari polimer.

fiber serat polyester
Kelebihan lainnya adalah polyester tahan terhadap pencucian kimia atau dry cleaning maupun pelarut organik. Karena kemampuannya bertahan terhadap bakteri dan jamur, bahan yang mudah perawatannya ini juga merupakan bahan favorit untuk dipakai pada bantal, guling ataupun selimut.

Untuk meminimalisir kelemahan bahan kain yang terbuat dari serat poliester ini, mereka suka menggabungkannya dengan bahan serat alami seperti katun. Sejauh ini, katun dan polyester adalah gabungan yang paling umum – poliester membantu mempertahankan bentuk dari kain itu sendiri sekaligus membantu membuat kainnya tahan terhadap lecek ataupun noda, sedangkan katun menyumbang daya serapnya dan kenyamanan terhadap kain tersebut.

Proses Kimia

pembuatan serat fiber polyester
Berikut adalah deskripsi secara general tentang bagaimana poliester disintesis:
Petroleum-based acids dan alkohol akan ditempatkan dalam vakum bersuhu tinggi untuk menciptakan suatu proses yang disebut "condensation polymerization". Pita kimia yang panjang akan dihasilkan dari 'condensed polimer' yang kemudian dikeringkan dan dipotong menjadi "chip". Chip ini diekstrusi menjadi filamen dan mereka diputar pada mesin yang disebut "spinneret" sampai serat yang dihasilkan menjadi setipis, se-panjang, dan se-fleksibel benang organik. Saat panas mereka ditarik sampai serat atau fibernya sekitar lima kali lebih panjang dari ukuran aslinya.

20 comments:

Jual Tas Ransel said...

hmm. jadi ini ya bahan2 yang sering digunkanan dalam pembuatan baju maupun tas laptop ... Thanks infonya gan, sangat informatif

Nurul Mustofa said...

trims gan infonya, nambah ilmu..

Artikeldokter.com said...

Makasih infonya ya

Ali Taufik said...

makasih infonya gan salam

Ridwan Annas AMd. Gizi said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Ridwan Annas AMd. Gizi said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

Untung udah ada jawabannya :D, berguna bgt pas lagi mw cari bahan tas yg bagus & tahan lama, thk utk infonya, nambah wawasan bgt.

Ahmad Fadhlan Maulana said...

Untung udah ada jawabannya :D, berguna bgt pas lagi mw cari bahan tas yg bagus & tahan lama, thk utk infonya, nambah wawasan bgt.

Rita Riana said...

Joss

Riva Andriana said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Selens Seren said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

thank you very much for your information

Sonny Titawanno said...

Terimakasih untuk infonya....

Sonny Titawanno said...

Terimakasih buat infonya....

Anonymous said...

Ok ok

Dovy A said...

bingung nih mau cari info tentang serat dacron??? Yang tau tolong bantu dong!!!

Unknown said...

Kalo untuk bahan tas dari poliester kelemahannya apa?
Sangat membantu sekali infonya, thanks😍

microfiber towel said...

Terimakasih untuk infonya....

Unknown said...

Nice info.

Unknown said...

Nice info.

Post a Comment